"Sarang Naga" di Bukit Purwosari

Jumat, 08 Februari 2019

Administrator

Informasi

Dibaca: 260 kali

Sebutan "Sarang Naga" pantas diberikan untuk menggambarkan kondisi kebun buah naga yang berlokasi di Dusun Jati, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari. Berada di atas lahan seluas 5 ha, tepatnya di lereng perbukitan Kidang Barat, Bapak Sholikun melalui Murakapi Group mengembangkan buah naga dengan jenis Hylocereus undatus (isi buah warna putih) dan Hylocereus polyrhizus (merah). Terdapat kurang lebih 5.500 batang ditanam di lahan tersebut, dan sejak kebun buah ini dirintis pada tahun 2014, hingga saat ini sudah 5 kali panen dengan penjualan berskala besar. Pangsa pasar sendiri mulai dari domestik (Jakarta) hingga mancanegara (Perancis).

Pada hari Rabu (6/2), rombongan dari Dinas Pertanian dan Pangan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Ir. Bambang Wisnu Broto, mengunjungi lokasi kebun buah tersebut. Ikut juga dalam rombongan perwakilan dari Muspika Kecamatan Purwosari, Babinsa, Polsek, penyuluh pertanian Kecamatan Purwosari serta Kepala Desa Giricahyo. Dalam kunjungan kali ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan sangat antusias melihat perkembangan tanaman buah naga ini, dan beliau berharap dengan adanya kebun buah ini dapat menjadi pemacu semangat petani-petani Gunungkidul untuk menanam buah naga mengingat prospeknya yang sangat bagus di pasaran, “Semoga dengan adanya kebun buah ini akan tumbuh sarang naga-sarang naga lainya” imbuhnya.

Pada kesempatan ini pihak Murakapi Group diwakili oleh Bapak Sholikun selaku pengelola kebun buah naga yang dinamainya ECO DRAGON FRUITS, sangat senang dengan kedatangan rombongan dari dinas, dan merasa bangga dengan kedatangan rombongan mengingat kebun buah naga ini belum banyak diekspose oleh warga Gunungkidul. Lebih lanjut dijelaskan bahwa tanaman buah naga yang dikembangakan bisa menghasilkan buah mencapai 2–4 kg per pohon dengan harga mencapai Rp 16.000 per kg. Namun, akses yang susah menjadi kendala bagi sarang naga tersebut yang belum banyak diketahui masyarakat. Untuk menuju lokasi rombongan perlu berganti kendaraan dengan menaiki truk dari lokasi transit di Balai Desa Giricahyo yang berjarak kurang lebih 3,5 km, dan setelah itu rombongan harus berjalan sekitar 1 km untuk mencapai lokasi kebun.

Buah naga termasuk dalam buah yang kaya akan manfaat, salah satunya dapat mencegah kanker, yang sama seperti manfaat buah merah lainya. Buah naga mengandung lycopene, kaya akan serat, kalsium, fosfor, Vitamin C dan B2 serta membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa diantaraya menyebabkan kanker. --RDH

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas