Layanan Konsultasi Padi (LKP): Cara Cepat Menentukan Rekomendasi Pemupukan

Selasa, 12 Maret 2019

Administrator

Artikel

Dibaca: 66 kali

Teknologi informasi yang berkembang sangat pesat harus dimanfaatkan sebesar-bersarnya untuk mencapai kesejahteraan, demikian juga untuk kepentingan kemajuan pertanian. Layanan Konsultasi Padi (LKP) yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian dan International Rice Research Institute (IRRI) adalah aplikasi berbasis web online yang merupakan pembaharuan inovasi dari Pengelolaan Hara Spesifik Lokasi (PHSL)

Layanan ini dapat diakses oleh masyarakat umum, petani, kelompok tani, PPL atau siapa saja untuk menentukan rekomendasi dosis pemupukan padi sawah secara spesifik lokasi. Aplikasi LKP dapat di akses melalui situs http:/webapps.irri.org/id/lkp. Adapun langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut sebagai berikut:

  1. Masuk ke portal LKP ID, dan tampilan pertama harus direspon yaitu pilihan bahasa yang akan digunakan. Terdapat dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  2. Tampilan kedua berupa pernyataan pengguna untuk menyetujui persyaratan menjalankan Aplikasi LKP ID.
  3. Langkah berikutnya setelah login aplikasi LKP ID adalah menjawab formulir isian yang tersedia satu persatu secara lengkap dan benar
  4. Hasil  terakhir Aplikasi LKP ID berupa rekomendasi pemupukan hara spesifikasi lokasi. Rekomendasi tersebut merupakan hasil analisa dari data jawaban dan keterangan yang anda tulis.
  5. Setelah hasil rekomendasi pemupukan muncul, ada tombol pilihan simpan yang berfungsi untuk menyimpan hasil rekomendasi. Selanjutnya ada tombol pilihan bagikan dan cetak. Tombol bagikan berfungsi untuk membagikan hasil rekomendasi dalam bentuk email sedangkan tombol cetak berfungsi untuk mencetak/print.

Demikianlah langkah-langkah pemanfaatan aplikasi LKP dengan harapan melalui penerapan aplikasi ini petani akan lebih rasional dan tepat waktu dalam menggunakan pupuk untuk tanaman padi sehingga dapat menekan biaya produksi. --BUD

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas