BOP sebagai Sarana Pendukung Penyuluhan Pertanian

Rabu, 13 Maret 2019

Administrator

Artikel

Dibaca: 48 kali

BOP atau Biaya Operasional Penyuluh adalah satuan biaya yang digunakan untuk perencanaan kebutuhan biaya bantuan transportasi bagi para Pegawai Aparatur Sipil Negara sebagai penyuluh dalam rangka mengunjungi daerah binaannya sebagaimana dimaksud pada Undang-undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Adapun besaran BOP untuk masing-masing wilayah berbeda-beda, yaitu:

  1. Wllayah Barat (dalam satuan Orang Bulan) sebesar Rp320.000,-
  2. Wilayah Tengah (Orang Bulan) sebesar Rp400.000,-
  3. Wi!ayah Timur (Orang Bulan) sebesar Rp480.000,-

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dalam rangka mendukung penyaluran BOP Penyuluh Pertanian Tahun 2019, berpedoman pada Surat Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 232/02904 tanggal 5 Maret 2019 perihal e-Laporan Penyuluh, dimana penyaluran BOP didasarkan pada laporan kegiatan penyuluh yang dibuat secara online melalui e-Laporan Penyuluh di website penyuluhan.jogjaprov.go.id.

Adapun hal-hal yang terkait dengan e-Laporan tersebut antara lain:

  1. Setiap Penyuluh Pertanian (PNS dan THL TBPP) mengirimkan e-Laporan minimal 15 laporan kegiatan penyuluhan setiap bulan untuk mendapatkan rekomendasi BOP.
  2. Sistem e-Laporan akan ditutup otomatis setiap akhir triwulan, misal pada 31 Maret 2019 untuk triwulan I, sehingga penyuluh yang terlambat tidak bisa mengisi e-Laporan untuk kegiatan penyuluhan di triwulan sebelumnya.
  3. BOP Penyuluh akan ditransfer ke rekening penyuluh yang bersangkutan bagi yang telah mengisi e-Laporan dan bagi penyuluh yang belum/tidak mengisi laporan sesuai triwulan berjalan, maka BOPnya tidak akan dicairkan.
  4. Verifikasi laporan penyuluh online dilakukan berjenjang mulai dari Koordinator BPP dengan cara mengklik tombol persetujuan e-Laporan Penyuluh secara online.
  5. E-Laporan yang telah disetujui di tingkat BPP kemudian diverifikasi oleh Koordinator Penyuluh yang ditunjuk di kabupaten dengan cara mengklik tombol rekomendasi, sebagaimana langkah-langkah yang terlampir di website. --WIN

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas