Ekspose Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul

Selasa, 07 November 2017

Administrator

Artikel

Dibaca: 350 kali

Abdibaktitani adalah penghargaan dalam bentuk piala, plakat dan piagam yang diberikan oleh Menteri Pertanian kepada UKPP (Unit Kerja Pelayanan Publik) Berprestasi Bidang Pertanian yang telah melaksanakan pelayanan prima (berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur).

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul mengikuti tahapan untuk mendapatkan penghargaan Abdibaktitani Tahun 2017 sehingga diwajibkan mengikuti presentasi kinerja Ekspose Kualitas Pelayanan Publik di hadapan Tim Penilai Abdibaktitani Kementerian Pertanian.

Sebagai rangkaian penilaian Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Berprestasi Bidang Pertanian Tahun 2017 (penilaian dilaksanakan setiap 2 tahun sekali), tahap akhir penilaian adalah ekspose kualitas pelayanan publik UKPP Berprestasi Bidang Pertanian Tahun 2017 yang diselenggarakan di The Sahira Hotel Jalan Ahmad Yani Nomor 17-23, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Peserta yang tersaring sampai tahap akhir sejumlah 38 UKPP/UPTD. Paparan terbagi dalam 8 sesi dimana Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul terjadwal paparan sesi I. Paparan disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Bambang Wisnu Broto. Hasil penilaian akan diinformasikan kemudian setelah disimpulkan oleh tim penilai dan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pertanian.

Jenis Penghargaan Abdibaktitani meliputi:

  • Piala

Piala Abdibaktitani diberikan kepada UKPP Berprestasi Bidang Pertanian dengan sebutan Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Percontohan, yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian, dengan nilai kinerja pelayanan yaitu: 91 - 100 (Sangat Baik).

  •  Plakat

Plakat Abdibaktitani, diberikan kepada UKPP Berprestasi Bidang Pertanian dengan sebutan Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Utama, yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian, dengan nilai kinerja pelayanan yaitu: 81 - 90 (Baik).

  •  Piagam

Piagam Abdibaktitani diberikan kepada UKPP Berprestasi Bidang Pertanian dengan sebutan Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Madya, yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian, dengan nilai kinerja pelayanan yaitu: 71 - 80 (Cukup).

  •  Piala Kencana

Piala Kencana Abdibaktitani diberikan kepada UKPP Berprestasi Bidang Pertanian yang telah memperoleh Piala Abdibaktitani dan berhasil meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat selama tiga tahun berturut-turut, setelah dilakukan penilaian kembali pada tahun keempat yang bersangkutan dapat mempertahankan bahkan mampu meningkatkan kinerja pelayanannya.

  • Penghargaan lainnya

Selain penghargaan sebagaimana dimaksud pada angka 1 sampai dengan angka 4, juga diberikan penghargaan dalam bentuk dana pembinaan atau sarana kantor yang besarannya akan ditetapkan dalam Keputusan tersendiri.

Sebagai informasi bahwa Dinas Pertanian dan Pangan yang dahulu dalam kelembagaan BP2KP telah memperoleh penghargaan PIALA pada tahun 2015. Hal tersebut sangat memberi motivasi untuk memperoleh penghargaan PIALA kembali karena bila memperoleh PIALA selama 3 (tiga) kali berturut-turut dan maningkatkan kinerjanya akan memperbesar peluang memperoleh PIALA KENCANA.

Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pemantauan hasil penilaian untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan publiknya.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

023475

Pengunjung Hari ini : 17
Total pengunjung : 23475
Hits hari ini : 130
Total Hits : 150547
Pengunjung Online : 2

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat