Penanganan Pasca Panen Pajale dengan Plastik UV

Senin, 28 Januari 2019

Administrator

Artikel

Dibaca: 367 kali

Pada musim penghujan seperti saat ini, masalah utama yang dihadapi petani adalah pengeringan hasil panen bila menggunakan pengeringan alami karena sangat kurangnya intensitas cahaya matahari sebagai media pengering. Penggunaan plastik UV (ultra violet) mungkin bisa diterapkan sebagai salah satu solusi agar proses pengeringan tetap berjalan.

Plastik UV lebih tebal dari plastik biasa dengan tebal 200 mikron (0,20 mm), sehingga tidak mudah robek, masa pakai yang lebih lama. Selain itu, plastik ini mengandung bahan kimia tertentu yang membuatnya tetap awet meskipun terjadi perubahan cuaca yang ekstrem. Berwarna bening agak buram, menandakan kandungan UV protector dalam pembuatannya. Makin besar kandungan UV protector, makin buram atau gelap penampakan plastik ini.

Tidak hanya digunakan sebagai penutup atap green house, plastik UV juga dapat digunakan sebagai alas penjemuran. Sebagai alas, sinar matahari yang masuk, akan dipantulkan kembali, sehingga proses pengeringan juga berlangsung dari bagian bawah, yang tentu mempercepat proses pengeringan. Namun, pengeringan akan berjalan maksimal jika material yang dikeringkan tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul telah memberikan bantuan plastik UV/dryer UV pada tahun 2018 ke Koperasi Tani Muda Cerdas, yang berlokasi di Dusun Candi, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen. Mengingat penanganan pasca panen merupakan hal yang krusial, bantuan plastik UV tersebut diharapkan agar menjaga kualitas produksi hasil pertanian, terutama padi, jagung dan kedelai yang diusahakan kelompok. Kualitas produk hasil pertanian yang baik akan berdampak pada peningkatan nilai/harga jual produk tersebut.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul melalui bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) selalu berupaya dan mendampingi kelompok–kelompok tani dalam penangganan pasca panen dan pengolahan hasil pertanian. --RDW

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

024163

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 24163
Hits hari ini : 123
Total Hits : 235094
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat