Sekolah Lapangan Iklim (SLI) bagi Penyuluh Pertanian dan Pengamat Hama Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas IV Mlati Sleman, dalam rangka meningkatkan pemahaman informasi cuaca dan iklim bagi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), menyelenggarakan SLI selama tiga hari mulai tanggal 25 sampai dengan 27 Juni 2019 bertempat di Hotel Tara, Jl. Magelang Yogyakarta. Sebagaimana diketahui  bahwa    produk  informasi cuaca dan  iklim,  bermanfaat  untuk mendukung berbagai kegiatan, terutama sektor pertanian. Informasi tersebut memuat berbagai batasan kriteria, terminologi serta istilah teknis yang terkadang sulit dipahami oleh para pengguna terutama pada sektor pertanian. Implikasinya adalah  pemanfaatan informasi tersebut belum optimal bahkan seringkali terjadi kesalahan dalam interpretasi.

Maksud diselenggarakannya SLI adalahuntuk meningkatkan kemampuan PPL dan POPT dalam mengaplikasikan informasi iklim dan musim guna mendukung kegiatan pertanian dalam rangka ketahanan pangan;membangun pengetahuan PPL dan POPT tentang cuaca, iklim dan kemampuan antisipasi dampak iklim ekstrim terhadap kegiatan pertanian; pemahaman PPL dan POPT dalam pengamatan unsur/gejala iklim dan aplikasi dalam strategi budidaya tanaman pangan yang lebih baik.

Sedangkan tujuan SLI tahap II adalah dalam Jangka Pendek melalui PPL dan POPT, diharapkan informasi iklim dari BMKG cepat sampai kepada masyarakat serta diimplementasikan untuk kegiatan pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil produksi sedangkan Jangka Panjang PPL dan POPT dapat memberikan motivasi tinggi kepada masyarakat untuk membangun kegiatan agribisnis mereka, dimana informasi iklim digunakan sebagai salah satu faktor dalam penyusunan strategi dan pengambilan keputusan; membangun jaringan kerja antara BMKG dengan PPL dan POPT dalam upaya mensinergikan kegiatan di bidang iklim dengan pertanian di masyarakat.

Peserta SLI terdiri dari 18 Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dan 8  Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) di wilayah Kabupaten Gunungkidul D.I. Yogyakarta, dengan materi antara lain kebijakan program penanganan dampak iklim di sektor pertanian; pengenalan program Sekolah Lapang Iklim BMKG; Peningkatan pemahaman informasi cuaca; Pengenalan unsur cuaca dan iklim; mengenal alat ukur cuaca dan penakar hujan sederhana serta kalibrasinya; pemahaman informasi dan prakiraan iklim/musim; proses pembentukan hujan; klasifikasi iklim dan pemahaman neraca air lahan; pemahaman iklim/iklim ekstrim; dan pengaruh cuaca/iklim terhadap hama dan penyakit tanaman.--Win.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

939486

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 939486
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID