Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Mengikuti Agrofood Expo 2019

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 ini kembali mengikuti Pameran AgroFood Expo ke-19 yang diselenggarakan oleh Ditjen Perkebunan Kementan RI di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta. Kegiatan ini merupakan event tahunan berskala nasional dengan peserta Kementerian terkait,  seluruh Dinas Pertanian di daerah, BUMN Agribisnis, Perusahaan makanan dan minuman, perusahaan teknologi pertanian, perusahaan pengemasan, perusahaan laboratorium, dll.

Indonesia AgroFood Expo adalah pameran terbesar di sektor pertanian yang menampilkan produk hasil pertanian baik segar maupun olahan yang berasal dari tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, sarana dan prasarana pertanian, dan teknologi pertanian.

Pameran Agrofood Expo dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 27 – 30 Juni 2019, dibuka oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, bapak Ir. Dedi Junaedi, MSc., dengan tema “Optimalisasi Sumber Daya Pertanian Menuju Swasembada Pangan Berkelanjutan”.

Tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dipimpin oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Ir. Joko Priyono, MSi beserta Kepala Seksi dan Staf. Adapun Tujuan yang ingin dicapai dari mengikuti Pameran Agrofood Expo adalah untuk memperkenalkan/promosi produk unggulan pertanian Kabupaten Gunungkidul ke pasar yang lebih luas (luar DIY), serta memberikan motivasi kepada produsen/petani/kelompok olahan untuk meningkatkan produk pertanian baik segar maupun olahan yang berkualitas yang dapat diterima konsumen/pasar.

Materi/bahan pameran yang dibawa terdiri dari berbagai  produk segar dan olahan pangan lokal unggulan pertanian Gunungkidul dari kelompok binaan Dinas Pertanian dan Pangan, yaitu : buah-buahan (pisang raja, pisang kepok, dan sawo),  tepung mocaf dan aneka olahannya (mie mocaf aneka varian, krupuk, stik, biskuit, egg roll), aneka olahan kakao : bubuk coklat/minuman/ permen/camilan, aneka olahan Aloe vera, aneka produk herbal/jamu instant, mete, rambak kulit, susu bubuk kambing ettawa, mete, aneka kripik, beras merah, beras analog, dan makanan spesifik/khas Gunungkidul, seperti gatot dan tiwul instant, pathilo, belalang goreng/bacem.

       Sejak pembukaan pameran, stand Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul ramai dikunjungi. Pengunjung tertarik dengan produk-produk pertanian dari Gunungkidul. Disamping karena harganya relatif murah, dibuat secara tradisional (dipahami oleh konsumen lebih sehat dan alami), non terigu, juga membangkitkan ingatan (nostalgia), khususnya pengunjung asal Gunungkidul yang merantau ke Jakarta terhadap makanan lokal khas Gunungkidul.

Beberapa pengunjung antusias berdiskusi dengan kami terkait produk yang dipamerkan dan meminta brosur dan kartu nama kelompok olahan binaan, untuk menjajaki kemungkinan kerjasama pemasaran produk-produk olahan, terutama yang berbahan baku mocaf dan kakao. Termasuk dari perusahaan yang melayani maskapai-maskapai penerbangan (xpress air) yang ingin ada produk olahan Gunungkidul bisa dijadikan ‘suvenir’ untuk penumpang pesawat, yang selama ini hanya bakpia Jogja.

Stand DPP Gunungkidul juga mendapat kunjungan dari Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG). Mereka banyak membeli produk olahan Gunungkidul, seperti gatot dan tiwul instant, belalang goreng/bacem, dan lainnya. Banyak yang tidak kebagian karena beberapa produk yang kita bawa habis.

Dengan adanya Pameran Agrofood Expo yang juga diikuti Dinas Pertanian Kabupaten seluruh Indonesia, kita bisa saling tukar informasi antar Dinas Pertanian terutama produk-produk lokal kabupaten, saling menyampaikan kiat-kiat/usaha untuk membina kelompok-kelompok olahan produk lokal sehingga bisa menjadi kelompok mandiri untuk memproduksi olahan pangan yang berbahan baku lokal.

Pameran 19th Indonesia Agrofood Expo ini juga diintegrasikan dengan pameran Kepariwisataan Daerah, Pameran Halal Indonesia, dan Festival Kopi, Kakao, dan Teh di tempat yang sama.--FE

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

937238

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 937238
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID