Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, Dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019

Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Pola konsumsi pangan masyarakat saat ini masih belum memenuhi kaidah gizi seimbang. Untuk itu, upaya penganekaragaman pangan menjadi sangat penting. Berkaitan dengan hal tersebut, maka Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul melalui Bidang Ketahanan Pangan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu (LCM) Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 pada hari Kamis, 25 Juli 2019. Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul.

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong penerapan konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial. Lomba diikuti oleh 18 kecamatan yang diwakili oleh 5 orang peserta dari kelompok PKK atau Kelompok Wanita Tani (KWT). Peserta menyajikan 3 paket lunchbox dan produk olahan pangan komersial. Tim Juri akan menilai display dan resep dari masing-masing peserta. Tim Juri dipilih dari Penggerak PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Asosiasi Pengusaha Jasa Boga (APJI) Kabupaten Gunungkidul, Ketua Dharma Wanita Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, dan Guru Bidang Studi Tata Boga SMK Negeri 3 Wonosari.

 

Berdasarkan keputusan Tim Juri, pemenang Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Tahun 2019 adalah :

  • Juara I dari Kecamatan Tanjungsari (75,43) dengan hadiah sebesar Rp 4.000.000,-
  • Juara II dari Kecamatan Wonosari (73,60) dengan hadiah sebesar Rp 3.000.000,-
  • Juara III dari Kecamatan Playen (73,27) dengan hadiah sebesar Rp 2.000.000,-
  • Juara Harapan I dari Kecamatan Ngawen (72,60) dengan hadiah sebesar Rp 1.500.000,-
  • Juara Harapan II dari Kecamatan Tepus (72,53) dengan hadiah sebesar Rp 1.500.000,-
  • Juara Harapan III dari Kecamatan Saptosari (71,55) dengan hadiah sebesar Rp 750.000,-

 

Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan sosialisasi Pangan Lokal B2SA dengan narasumber Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul. Selain itu juga ada Gelar Produk Pertanian yang diikuti oleh KWT dari seluruh kecamatan di Kabupaten Gunungidul. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang. Disamping pula untuk memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.--HS

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

936453

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 936453
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID