Ketahanan Pangan Sebagai Salah Satu Penopang Lomba Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019

Senin, 02 September 2019

Administrator1

Informasi

Dibaca: 1448 kali

Kabupaten sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Tujuan dari kabupaten sehat adalah tercapainya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang ikut serta dalam penilaian Lomba Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019. Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat melakukan penilaian di Kabupaten Gunungkidul selama dua hari yaitu tanggal 26-27 Agustus 2019 dengan melakukan kunjungan ke beberapa lokasi yang menjadi objek penilaian.

Adapun objek yang dinilai antara lain tatanan pemukiman, industri dan perkantoran, sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, kehidupan sosial, serta ketahanan pangan. Ketahanan pangan turut andil dalam mendukung kabupaten sehat karena terpenuhinya pangan bagi perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, serta mudah diakses dapat mewujudkan kehidupan yang sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan. Peran pangan sangat penting karena kesehatan tubuh seseorang lebih banyak dipengaruhi oleh makanan yakni 60%, sedangkan 30% dipengaruhi oleh lingkungan, dan 10% dipengaruhi oleh genetik.

Dalam penilaiannya dengan didampingi oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Tim Verifikasi melakukan kunjungan ke Lokasi Ketahanan Pangan. Pada tanggal 26-27 Agustus 2019, Tim melakukan kunjungan ke Gapoktan Sido Maju, Bleberan, Playen. Gapoktan Sido Maju merupakan kelompok pelaksana program Ketahanan Pangan yakni sebagai kelompok Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) dan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Gapoktan Sido Maju juga merupakan Pusat Penyuluh Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S).

Hari kedua, tanggal 27 Agustus 2019, Tim melakukan kunjungan ke KWT Mayang Sari, Jambe, Semin, Semin dan KWT Ngudi Lestari, Ngasem, Karangsari, Semin. Kelompok ini merupakan kelompok pelaksana program ketahanan pangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Tim melakukan penilaian KRPL meliputi kebun bibit, demplot, pemanfaatan pekarangan. Saat di Jambe, ditunjukkan pula taman herbal yang merupakan hasil pengembangan KRPL dari KWT Mayang Sari. --HS

 

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

934405

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 934405
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID