Vaksinasi Rabies Gratis Digelar Untuk Memperingati World Rabies Day 2019

Senin, 07 Oktober 2019

Administrator1

Informasi

Dibaca: 1450 kali

Berdasarkan surat dari Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Nomor 529/E/KU/PB/PDHI/9-2019 perihal tentang Peringatan World Rabies Day maka Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Yogyakarta mengajak semua instansi pemerintah yang menangani fungsi kesehatan hewan untuk melaksanakan kegiatan peringatan World Rabies Day Tahun 2019. Menjawab surat tersebut maka Dinas Pertanian dan Pangan, Bidang Peternakan, Seksi Kesehatan Hewan bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Yogyakarta mengadakan kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis pada tanggal 28 September 2019 memilih lokasi di Dusun Karangijo Kulon Rt 01 RW 03 Genjahan, Ponjong, Gunungkidul. Untuk pelaksanaaan kegiatan vaksinasi tersebut Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menggandeng dokter hewan praktisi yang tergabung didalam Paguyuban Dokter Hewan Gunungkidul.

Peringatan World Rabies Day (WRD) yang dilaksanakan setiap tanggal 28 September merupakan upaya untuk mengenang jasa Louis Pasteur, ahli kimia dan mikrobiologi berkebangsaan Perancis yang mengembangkan vaksin rabies pertamakali. Selain itu World Rabies Day merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit rabies dan kepedulian untuk menjaga kesehatan hewan peliharaannya. Tema World Rabies Day tahun ini adalah Vaccinate to eliminate.

Dalam pelaksanaan tercatat sebanyak 70 ekor anjing maupun kucing yang datang untuk mendapatkan vaksinasi rabies gratis. Klien tidak hanya masyarakat sekitar Kecamatan Ponjong, tetapi juga berasal dari wilayah sekitar seperti Wonosari, Ngawen, Karangmojo. Acara dibuka oleh pembina Paguyuban Dokter Hewan Gunungkidul, dihadiri oleh Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Yogyakarta, drh. Aniq Shihabuddin, serta dihadiri Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Karangmojo. Dokter hewan yang berpartisipasi sebanyak 27 orang , akan mendapatkan sertifikat Surat Keterangan Pendidikan Berkelanjutan (SKPB) dengan point 3. Harapan yang disampaikan oleh masyarakat adalah acara serupa dapat dilaksanakan rutin setiap tahun, dengan jangkauan wilayah yang lebih luas, sehingga edukasi tentang rabies pada masyarakat semakin berhasil.—RW

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

959350

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 959350
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID