GERTAM Kedele MT II Tahun 2021 Oleh Direktur AKABI KEMENTAN RI Di Gunungkidul

Rabu, 10 Februari 2021

Administrator1

Informasi

Dibaca: 47 kali

PLAYEN (SELASA,10/2/2021). Bertempat di wilayah hutan kemasyarakatan dusun Galih, Kalurahan Plembutan, Kapanewon Playen dilaksanakan GERTAM ( Gerakan Tanam) Kedele musim tanam kedua tahun 2021 oleh Direktur Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan Dr. Amirudin Pohan didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DI Yogyakarta dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Kapanewon Playen, Kepala BDH Paliyan, Lurah Kalurahan Plembutan, Babinsa Plembutan, Babin Kamtibmas Plembutan, Para Penyuluh Pertanian BPP Playen, serta anggota poktan Sido Rukun II dususn Galih, Plembutan Playen. Acara Gertam kedele dilaksanakan sesuai Prokes antisipasi covid 19 dengan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Acara dihadiri beberapa orang perwakilan pemangku kepentingan dan waktu yang pendek kurang dari satu jam pertemuan.

Gertam kedele dilaksanakan secara simbolis bersama sama penanaman benih kedele varitas Grobogan di lahan hutan kemasyarakatan di bawah tegakan kayu putih.

Ketua Poktan Sido Rukun II Wakiman menjelaskan pertanaman kedele yang dimulai hari ini dilaksanakan secara sistem sisip, yaitu jagung menjelang panen disela selanya disisipi penanaman benih kedele. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan ketersediaan air, karena budidaya yang dijalankan tergantung curah hujan atau pertanian lahan kering sehingga dengan sistem sisip ini akan terjaga ketersediaan air sampai panen nantinya. Bantuan pemerintah dalam kegiatan pengembangan kedele di Plembutan seluas 55 Ha sedang di poktannya tersasar 20 Ha dengan perincian 15 Ha ditanam di lahan Baon (Hutan Kemasyarakatan) dan 5 Ha ditanam di lahan pekarangan petani. Bantuan yang diterima antara lain benih kedele dan pupuk.

Dalam Temu Wicara Dr. Amirudin Pohan Direktur AKABI dengan perwakilan petani dan pemangku kepentingan menjelaskan bahwa saat ini pemerintah melalui Kementan RI sedang berupaya menggerakan penanaman kedele sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi dalam rangka antisipasi kelangkaan kedele karena ketergantungan impor kedele. Tentunya hal ini membutuhkan kerja bersama agar para petani juga mendukung peningkatan luas tanam kedele. Pemerintah pusat mempunyai sasaran pengembangan kedele seluas 500,000 Ha pada tahun 2021, dan di Gunungkidul ditarget  luas tambah tanam kedele 3.000 ha dan kemungkinan akan ditambah lagi untuk musim tanam berikutnya. Khusus pengembangan kedele poktan yang ingin menanam kedele boleh mengajukan bantuan pemerintah 2 kali atau 2 musim dalam satu tahun, artinya kalau di musim tanam kedua ini telah tanam kedele kemudian panen serta akan diajukan penanaman kedele di musim ketiga diperbolehkan.

Terpisah Ir.Bambang Wisnu Broto Kepala DPP Kabupaten Gunungkidul menjelaskan bahwa kegiatan pengembangan kedele bantuan pemerintah di Gunungkidul seluas 3.000 Ha ditanam di musim kedua dan musim ketiga tahun 2021, selanjutnya diharapkan nantinya semua dapat panen dan mencapai target produksi sebesar 5.600 ton kedele wose pada tahun 2021, baik dari hasil produksi swadaya petani maupun bantuan pemerintah. Dirinya berharap dengan momentum harga jual kedele yang bagus  dapat memacu semangat petani untuk menanam kedele.—(RY)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

080166

Pengunjung Hari ini : 53
Total pengunjung : 80166
Hits hari ini : 201
Total Hits : 604009
Pengunjung Online : 5

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat