Persiapan Dinas Pertanian Dan Pangan Gunungkidul Menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, melaksanakan kegiatan persiapan pemantauan pemotongan hewan qurban pada hari Raya Idhul Adha 1442 H dengan kegiatan pemantauan kesehatan hewan di pasar hewan, pemantauan kesehatan hewan di tempat penampungan ternak di seluruh wilayah kabupaten Gunungkidul. Pemantauan dilaksanakan oleh tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Bidang Peternakan Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, UPT Pusat Kesehatan Hewan dan UPT Laboratorium Kesehatan Hewan.

Dinas Pertanian dan Pangan juga melayani penerbitan rekomendasi titik pemotongan hewan qurban untuk takmir masjid, sehingga kegiatan pemotongan hewan qurban bisa terpantau kesehatannya baik kesehatan ternak dengan pemeriksaan ante mortem dan kesehatan daging melalui pemeriksaan post mortum.

Untuk takmir masjid dilaksanakan sosialisasi pelaksanaan qurban di masa pandemic Covid 19 tahun 2021. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Juli 2021, dengan peserta 120 orang takmir masjid se kabupaten Gunungkidul dan dilaksanakan secara virtual. Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian dan Pangan dengan judul materi Persiapan Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi Covid 19, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Saptosari dengan judul materi Implentasi Surat Edaran Menteri Agama No. 17 Tahun 2021,  UPT Puskesmas Panggang dan Ustadz Muh Abduh Tusasikal dengan materi Qurban sesuai Syariat dari Pondok Pesantren Darussholihin, Girisekar, Panggang dengan judul Urgensi Protokol 5 M dalam pelaksanaan Qurban/ Idul Adha di Masa Pandemi Covid-19.

Refresh bagi petugas pemantau pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari Rabu 14 Juli 2021, diikuti oleh 125 orang peserta, dengan narasumber Kepala Dinas Pertanian dan Pangan dengan materi Persiapan Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi Covid 19 dan drh. Sonny Handoko, M.B dengan materi Pelaksanaan Qurban Pemeriksaan Antemortum dan Post Mortum.

Pada pelaksanaan pemotongan hewan qurban Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menugaskan 125 orang petugas pemantau pemotongan hewan qurban yang akan memantau pemotongan di seluruh titik pemotongan yang ada di wilayah kabupaten Gunungkidul. Petugas melaksanakan pemeriksaan hewan sebelum dipotong (antemortum) dan pemeriksaan daging setelah pemotongan (postmortum), mencatat jumlah hewan qurban di masing-masing titik. Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk menyediakan daging qurban yang aman, sehat, utuh dan halal yang bermanfaat bagi masyarakat.—(Rwd)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

080172

Pengunjung Hari ini : 59
Total pengunjung : 80172
Hits hari ini : 239
Total Hits : 604046
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat