Demplot Padi IR Nutrie Zinc Di Bulak Gedaren Sumbergiri Ponjong

Demonstrasi plot (Demplot) merupakan salah satu metode penyuluhan yang efektif digunakan oleh para penyuluh untuk merubah pengetahuan sikap dan ketrampilan para petani kearah yang lebih maju, sehingga mampu meningkatkan peroduksi dan produktivitas usaha taninya.

Kapanewon ponjong merupakan sentra padi  di Gunungkidul ,didukung kondisi geografis yang sebagian wilayahnya terdapat sumber sumber air untuk sawah irigasi sepanjang tahun. Balai Penyuluhan Pertanian Ponjong pada tahun 2021  melaksanakan Demplot komoditas tanaman pangan padi di bulak Gedaren Sumbergiri Ponjong, pemilihan lokasi ini berdasarkan pengamatan penyuluh bahwa sawah di area ini secara terus menerus ditanami padi sepanjang tahun sekaligus penggunaan pupuk kimia yang berlebihan pada akhirnta berdampak pada kondisi tanah yang mengalami penurunan kesuburan, banyaknya serangan penyakit pada padi serta pertumbuhan tanaman kurang optimal. Dari hasil pengamatan bahwa PH tanah dibulak tersebut angkanya rendah berkisar 3 sampai 4 sedangan PH normal semestinya 7. Untuk merubah prilaku petani di area tersebut maka demplot yang disampaikan berupa cara pengelolaan lahan pertanian, penggunaan VUB serta tata cara pemupukan yang benar.

Pada pelaksanaan demplot  Varietas yang digunakan .adalah IR Nutri Zinc. Jenis varietas ini dipilih karena berbagai keunggulannya  yaitu banyak manfaat untuk pertumbuhan sel sel tubuh dan direkomendasikan untuk penderita stunting, adapun keunggulan padi Nutri Zinc diantaranya adalah

  1. Potensi kandungan Zn dapat mencapai 34,51 ppm dengan rata-rata kandungan Zn 29,54 ppm
  2. Umur termasuk genjah kurang lebih 115 hari
  3. Memiliki tekstur nasi pulen dengan kadar Amilosa 16,60%
  4. Potensi hasil produksi cukup tinggi 8,98 ton/ha dengan rerata 6,21 to/ha
  5. Tahan terhadap wereng batang coklat dan agak tahan penyakit hawar daun namun rentan terhadap Blas 173.
  6. Cocok ditanam di sawah irigasi

Untuk perlakuan perbaikan struktur tanah pada demplot ini menggunakan pupuk organik dan kapur dolomit sebanyak 2 ton/ha.

Dengan demplot ini diharapkan petani mau dan mampu melakukan perbaikan lahan, pemupukan yang benar serta penggunaan VUB yang direkomendasikan oleh Kementrian Pertanian.—(Bdy)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

080179

Pengunjung Hari ini : 66
Total pengunjung : 80179
Hits hari ini : 290
Total Hits : 604097
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat