Peringatan World Rabies Day Tahun 2021

Senin, 20 September 2021

Administrator1

Informasi

Dibaca: 1453 kali

Hewan kesayangan atau pet animal sekarang ini sudah menjadi gaya hidup atau trend masyarakat kita. Selain hewan eksotis lain, sebagian besar masyarakat kita memiliki hewan kesayangan seperti anjing, kucing, maupun kera. Populasi hewan pembawa rabies di Kabupaten Gunungkidul cukup tinggi, yaitu anjing 14.043 ekor, kucing 38.845 ekor.Dibalik tingkah laku lucu hewan-hewan tersebut kita tetap harus waspada bahwa hewan tersebut adalah hewan pembawa rabies.

Rabies adalah penyakit pada hewan yang bersifat zoonosis. Artinya penyakit tersebut bisa ditularkan dari hewan ke manusia maupun sebaliknya dari manusia ke hewan. Ciri-ciri hewan yang mengidap penyakit rabies adalah hewan menggigit segala yang ditemui baik benda mati maupun benda hidup,  terjadi kekakuan pada rahang sehingga air liur tidak bisa tertelan, hewan takut pada sinar maupun air. Penularan pada hewan atau manusia melalui gigitan, dimana air liur mengandung virus rabies.

Pada peringatan World Rabies Day tahun ini mengusung tema Rabies: Facts, Not Fear ”Biarkan fakta bicara, hingga takut pun sirna”. Dinas Pertanian dan Pangan menyediakan 1500 dosis vaksin rabies dari sumber dana APBN, APBD Kabupaten Gunungkidul, serta vaksin dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi rabies gratis dilayani selama bulan September-Oktober 2021, bertempat di Dinas Pertanian dan Pangan, UPT Pusat Kesehatan Hewan di seluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul, serta dokter hewan praktik yang melayani. Target utama pelayanan vaksinasi ini adalah anjing, kucing dan kera yang merupakan hewan pembawa rabies, dimana ideal vaksinasi untuk bisa melindungi dan mencegah penularan rabies adalah 70 % dari populasi yang ada. 

Untuk puncak peringatan World Rabies Day tahun ini dilaksanakan pada tanggal 28 September 2021 di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, diikuti oleh 120 ekor pet animal yang terdiri dari kucing 112 ekor, anjing 6 ekor, kera 2 ekor.---(RW)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

961718

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 961718
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID