Bupati Gunungkidul Dan Ketua DPRD Gunungkidul Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian Untuk Para Petani Di Tahun 2021

Jumat, 13 Agustus 2021

Administrator1

Informasi

Dibaca: 1452 kali

Wonosari (12/08/2021). Guna merealisasikan petani yang maju, mandiri, dan modern maka penggunaan sarana dan prasarana pertanian berupa alat mesin pertanian modern dibutuhkan saat ini guna percepatan olah lahan, percepatan tanam, panen, dan pengolahan hasil pertanian selain sebagai upaya mengurangi kehilangan hasil produk pertanian.

Bantuan traktor roda dua diadakan sebagai upaya pemerintah dalam percepatan olah lahan pertanian khususnya komoditas tanaman pangan. Luasan lahan yang bisa dilayani tractor roda dua paling tidak  20 sd 30 ha, diberikan kepada poktan sebagai UPJA (usaha pelayanan jasa alsintan) di wilayahnya. Poktan penerima merupakan poktan aktif yang teregister di Dinas Pertanian dan Pangan.

Demikian juga untuk bantuan alat mesin Kultivator sebagai upaya percepatan pembuatan bedengan/guludan pada komoditas hortikultura seperti pada pengembangan budidaya  cabe atau bawang merah.

Pada tahun anggaran 2021 lewat APBD diberikan bantuan alat mesin pertanian berupa 140 unit tractor roda dua Impala dan 75 unit kultivator ; serta bantuan alat mesin pertanian dari APBN Kementerian Pertanian RI berupa 8 traktor roda dua Impala dan 10 pompa air.

Dikarenakan masih PPKM, pada hari Kamis (12/08/2021) hanya diserahkan secara simbolis 14 unit tractor roda dua dari APBD, 1 unit tractor roda dua dan 1 unit pompa air dari APBN Kementerian Pertanian .

Penyerahan simbolis  diserahkan :

  1. Bapak Bupati Gunungkidul H Sunaryanta menyerahkan simbolis 1 unit tractor roda dua untuk poktan Sido Makmur, Walik Angin, Ngestirejo, Tanjungsari
  2. Ibu Endah Subekti Kuntariningsih,SE menyerahkan simbolis 1 unit tractor roda dua untuk poktan Mbangun Desa, Asemlulang, Sidorejo, Ponjong.
  3. Bapak Ir.Sugeng Purwanto, MMA. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menyerahkan satu unit pompa air untuk poktan Marsudi Tani, Ngalang, Gedangsari.

Penyerahan selanjutnya akan dilanjutkan pada hari berikutnya dengan pembatasan jumlah 12 unit alsintan per hari sesuai jadual sampai PPKM selesai akan diatur kemudian. Demikian laporan Ka Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul  Ir.Bambang Wisnu Broto pada acara penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian tahun anggaran 2021 yang bersumber dari dana Pusat maupun APBD Kabupaten Gunungkidul.

Hadir pada acara penyerahan bantuan alsintan Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Ir.Sugeng Purwanto,MMA., Anggota DPRD, perwakilan poktan sejumlah 15 orang. Acara dilaksanakan di halaman kantor DPP secara prokes wajib menggunakan masker, jaga jarak.

Selanjutnya Ir.Sugeng Purwanto memberikan arahan agar bantuan pemerintah pusat maupun dari APBD dipergunakan sebaik baiknya untuk peningkatan produksi pertanian , seperti diketahui Gunungkidul merupakan lumbung pangan DIY dan contributor angka produksi DIY yang signifikan.

Bupati Gunungkidul H Sunaryanta dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pusat dan para anggota DPRD yang telah memikirkan kebutuhan para petani dengan mengalokasikan alat mesin pertanian seperti traktor, dirinya berpesan agar traktor yang dibantukan benar benar dipergunakan untuk kegiatan pertanian jangan disalah gunakan untuk yang lain. Senada dengan Bupati Gunungkidul, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE meminta agar bantuan yang diberikan dirawat sebaik baiknya dan dipergunakan secara benar.

Acara ditutup dengan penyerahan simbolis alat mesin pertanian berupa traktor, cultivator dan pompa air.—(RY)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

1013985

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 1013985
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Pertanian?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID